Sponsor

Jumat, 08 April 2011

Bisa Sembuh Tapi Mudah Kambuh

Walaupun tampaknya sederhana, tetapi urtikaria bisa menjurus pada penyakit atau kondisi lebih serius, terutama jika penyebabnya diduga karena obat atau jamu. Oleh karena itu, urtikaria perlu diobati atau mendapat pengobatan benar, khususnya penderita yang berulang timbulnya dan berlangsung lama. Patut diingat, urtikaria dapat mengenai organ dalam, sehingga berdampak serius seperti sesak napas, diare, dan muntah-muntah.


Jika urtikaria menjadi kronik, Anda harus tahu penyebabnya. Bagaimana? Jika penderita datang berobat, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan, mulai pemeriksaan darah, kencing, dan kotoran untuk menilai ada tidaknya infeksi tersembunyi atau kelainan organ dalam. Juga pemeriksaan gigi, telinga, hidung dan tenggorokan serta pemeriksaan usapan lendir vagina pada wanita untuk mencari apakah ada infeski fokal yang dapat menjadi pemicu.
Kemudian jika perlu dilakukan tes kulit dengan cara uji gores (scratch test) atau uji tusuk (prick test) yang dilakukan dokter dengan keahlian khusus. Sekarang ini sudah tersedia juga pemeriksaan alergi dengan bahan darah oleh beberapa laboratorium klinik tertentu menggunakan alat-alat canggih. Hasil dari tes alergi ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang kemungkinan besar penyebabnya sehingga di kemudian hari dapat dihindari sehingga tidak sering kambuh.
Urtikaria dapat diobati dan dapat sembuh, hanya memang dapat berulang timbulnya. Pada dasarnya individu mempunyai kepekaan terhadap bahan tertentu sehingga jika terpapar lagi, akan timbul lagi bidurannya. Oleh karena itu, penting mengetahui apa saja yang dapat memicu kambuhnya urtikaria. Banyak orang tahu kapan bidurannya kambuh, misalnya setiap kali kepanasan atau kedinginan. Jadi, jika sudah tahu pemicunya, kita mudah menghindarinya untuk mencegah timbulnya biduran.
Pengobatan yang biasanya diberikan dokter adalah obat antihistamin atau awam mengenalnya antialergi. Histamin adalah zat beredar dalam tubuh, yang diproduksi jika ada reaksi alergi. Sekarang ini banyak sekali antihistamin yang dapat diperoleh dari toko obat dan apotek, sebagian bahkan ada yang dapat dibeli bebas. Dokter akan memberikan obat yang tepat sesuai dengan riwayat timbulnya  penyakit, dalam hal ini urtikaria.

2 komentar:

  1. Daily visit, I wish a happy sunny spring day, beautiful weekend smiles to you dear friend :)

    BalasHapus