Sponsor

Kamis, 07 April 2011

Penderita Asma Harus Terkontrol

Apabila seorang anak terkena asma, maka harus dilakukan pengobatan sesegera mungkin. Dikenal dua macam obat, yaitu reliever – obat untuk menghilangkan sesak segera mungkin, misalnya dengan obat yang dimasukan ke dalam alat nebulizer. Satu lagi, obat controller – obat untuk mengontrol agar asma menjadi tidak kambuh.


Keberhasilan pengobatan asma tergantung dari banyak faktor. Selain pengobatan teratur dan terkontrol, mengenali faktor pencetus asma atau alergi juga menjadi hal sangat penting. Selain itu, gaya hidup sehari-hari memberikan pengaruh besar terhadap kekambuhan asma. Olahraga teratur, pilihan makanan bergizi akan sangat membantu pengobatan asma.
Sebetulnya kalau sudah diketahui dengan pasti penanganannya, maka asma bukanlah penyakit mengerikan dan sulit sembuh. Dengan kontrol teratur dan obat-obatan yang semakin berkembang sekarang, penyakit ini bisa Anda kuasai. Tak hanya itu, perencanaan hati-hati dan mengendalikan pemicu asma adalah jalan terbaik untuk mencegah serangan asma.
Di samping itu, setiap keluarga yang memiliki anak dengan asma haruslah melakukan pengendalian lingkungan seperti hindari pemicu sebanyak mungkin, jangan merokok di sekitar anak karena ini menjadi risiko paling besar terjadinya asma pada anak, dorong anak selalu aktif melakukan aktivitas fisik sebab bisa membuat kondisi paru-paru bekerja dengan lebih efisien, dan terakhir jangan lupa untuk selalu berkunjung ke dokter agar asma anak terus terpantau.
Jika pencegahan asma tersebut dapat dilakoni dengan baik, maka penanganan asma pun kian mudah. Tindakan pencegahan 75 persen efektif dibandingkan pengobatan yang hanya 25 persen. Namun kuncinya harus konsisten. Sangat dianjurkan pula anak mengidap asma untuk banyak minum supaya lendir tidak menjadi kental.
Jadi, menangani asma bukanlah  sesuatu hal yang bisa dilakukan sepenuhnya oleh dokter secara sendirian. Dokter mungkin memberikan resep obat yang  harus dikonsumsi secara harian, tetapi tugas untuk meminimalkan risiko serangan asma dan perawatan diri  anak Anda setiap hari sebagian besar tergantung Anda sebagai orangtua dan keluarga.
Penanganan asma mandiri merupakan bagian penting dari perawatan dan penanganan asma pada buah hati Anda, sehingga asma tidak  akan menyita seluruh waktu dan perhatian Anda dan keluarga.

1 komentar: