Sponsor

Sabtu, 09 April 2011

Blokir Saluran Ion Tubuh

Masih merasa takut dengan keamanan terapi sengat lebah? Sepertinya perasaan tersebut bisa Anda kesampingkan mulai sekarang. Pasalnya, pengobatan alternatif ini sudah diakui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Konferensi Terapi Akupunktur Sengatan Lebah Sedunia ke-II di Nanjing, Cina dan kembali disahkan pada 2007.
Para ilmuwan modern pun tertarik untuk meneliti racun ini. Baru-baru ini, para ilmuwan Belgia meneliti racun yang diekstrak dari racun lebah madu, yang potensial untuk pengobatan dalam rangka mengurangi gejala seperti distrofi otot (kelainan otot yang biasanya terjadi pada anak-anak karena adanya penyakit kronis atau cacat bawaan sejak lahir), depresi, dan demensia.
Apamin, racun peptida alami yang ditemukan dalam racun lebah, sudah terkenal berkat kemampuannya  memblokir satu jenis saluran ion yang memungkinkan arus berkecepatan tinggi dan selektif mengeluarkan ion potasium dari saraf. Menghalangi saluran di otak ini menyebabkan saraf menjadi sangat mudah dirangsang (hyperexcitable), memperbaiki proses belajar, yang memiliki implikasi pengobatan demensia dan depresi. Selain itu, suntikan apamin bisa memperbaiki gejala yang dialami penderita distrofi otot miotonik.
Sampai saat ini, mekanisme tepat yang dilakukan apamin kurang dipahami. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Biological Chemistry, dua tim dari Universitas Bristol dan Universitas Liege di Belgia menggambarkan hasil kerja mereka mengenai saluran ion kalium KCa2 ini, yang disebut juga saluran SK.
Menggunakan model komputer dan pendekatan genetik, para peneliti mampu mengetahui dengan tepat di mana apamin mengikat untuk memblokir saluran tersebut. Yang mengejutkan dari temuan ini, apamin mengikat jauh dari saluran pori, dan menyebabkan bentuk saluran berubah melalui sebuah mekanisme ‘alosterik’, sehingga terblokir.
Profesor Vincent Seutin, dari Universitas Liège, mengatakan, “Saya sangat antusias tentang hasil penelitian kami,” katanya. Ia percaya bahwa dengan bantuan sepotong informasi ini, mengarahkan saluran ini untuk pengembangan obat di masa depan bisa lebih mudah.

4 komentar:

  1. kunjungan pedana d blog ini, support & salam kenal gan :D

    jng lupa baca Daftar Makanan Super Tubuh Anda

    BalasHapus
  2. kami menyediakan jasa terapi autis dengan pembacaan ayat-ayat Al Qur'an

    anak autis
    ciri-ciri autis
    gejala autis
    autisme
    penyebab autis
    terapi autis
    makalah autis
    pengertian autis

    silahkan menghubungi kami Telp: 021-87745100/081398098952 (Khoirul Abror)
    Alamat Syifa'Q : Jl. Bakti Abri Rt:2/10 No.57 Sukamaju Baru, Tapos, Depok

    BalasHapus
  3. Kesehatan adalah kunci utama manusia
    kunjungi http://rumahterapikhalifa.com
    55246ECC
    021 8390 3788
    0812 9911 8446

    Jika salah satu keluarga anda sedang mengalami depresi atau gangguan jiwa, maka sudah saatnya anda menghubungi kami

    BalasHapus
  4. ijin share aja gan.. kalau nyari obat herbal kelenjar getah bening disini tempatnya
    acemaxs31.com/obat-kanker-kelenjar-getah-bening/

    BalasHapus