Sponsor

Rabu, 06 April 2011

Bebas Perut Kembung

Anda pernah merasakan perut kembung? Mungkin sebagian besar dari kita pernah mengalami perut kembung tapi kurang tahu apa sebenarnya penyebabnya? Makanan apa saja yang bisa membuat perut terasa kembung? Berikut beberapa hal yang bisa menyebabkan perut terasa kembung.


Perut kembung disebabkan banyak hal. Ada yang memang disebabkan karena terlalu banyak gas dalam lambung, ada juga yang disebabkan karena pergerakan saluran cerna yang kurang baik sehingga memperlambat proses pencernaan makanan, dan perut terasa kembung.
Secara rinci,penyebabnya bisa karena kita terlalu banyak menelan udara, yang dapat terjadi saat makan sambil mengobrol, saat merokok, makan permen, makan terlalu cepat atau memakai sedotan dengan tidak benar (selain minuman juga ada udara masuk dari sisi mulut). Solusinya, tentu hindarilah penyebab-penyebab di atas.
Atau terlalu banyak makanan yang memproduksi gas dalam perut seperti kacang kacangan, produk susu, sayuran, kentang, buah, gandum, makanan berlemak, minuman bersoda, dan tablet obat effervescent. Solusinya, tentulah hindari makan makanan ini terlalu banyak, apalagi saat perut Anda sedang kosong.
Bisa pula karena hormon saat wanita mendekati masa haid atau memasuki masa menopause, yang menyebabkan pergerakan saluran cerna menjadi kurang lancar. Untuk mengatasinya, kurangi konsumsi garam, coklat ,makanan manis dan makanan berlemak pada saat menjelang haid. Juga usahakanlah untuk rileks,tenang, dan atasi ketegangan, untuk mengurangi rasa kembung akibat ketidakseimbangan hormon ini.
Kecemasan dan depresi ternyata juga dapat menyebabkan perut kembung. Karena menurut penelitian, stres dapat meningkatkan asam lambung. Oleh karena itu, jangan lakukan tindakan operasi. Sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter atau ahli kesehatan (sinshe ).
Untuk mengatasi penyakit ini dilakukan terapi akupunktur, chi kung dan konsumsi obat-obatan herbal serta melakukan beberapa pantangan pola makan.

2 komentar:

  1. pke kerokan aja...asli tradisional

    BalasHapus
  2. agar selalu terjaga kesehatan anda kunjungi pati menarik
    http://onlinehomecareersblog.net/
    http://gustafitriawan.com/

    BalasHapus